Your nightmare but dress like a daydream

Tuesday, January 21, 2014

Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan salah satu dari beberapa pulau yang ada di Kepulauan Derawan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keindahan pulau Maratua tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya seperti pulau Derawan, pulau Sangalaki dan pulau Kakaban. Pemandangan bawah laut di pulau Maratua ini sudah sangat terkenal di kalangan para penyelam profesional dan merupakan surga bagi mereka.

Wisatawan mancanegara sering berkunjung ke pulau ini untuk snorkling maupun diving. Tidak heran jika obyek wisata kalimantan Pulau Maratua dikenal dengan sebutan Paradise Island, surganya bagi para diver dan pemburu wisata kelautan. Pulau berbentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan dengan koordinat 2° 15′12″ LU, 118° 38′41″ BT (di bagian batas luarnya). Di pulau ini terdapat Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.

Pulau ini telah memiliki beberapa resort berkelas dunia yang menawarkan penginapan yang menyatu ditengah keindahan pulau ini. Rumah-rumah penginapan ini ada yang dibangun diatas air, sehingga pengunjung bisa berinteraksi dan menikmati keindahan biota laut Pulau Maratua.

Obyek Wisata Kalimantan Pulau Maratua Tujuan Wisata Bahari Dunia

obyek wisata kalimantan
Obyek Wisata Kalimantan Pulau Maratua telah menjadi tujuan wisata bahari dunia. Walaupun infrastruktur di pulau ini belum tertata rapi dan jarak serta besarnya biaya yang dikeluarkan untuk berlibur di pulau yang menjadi “surga” para penyelam ini terbayar dengan keindahan bawah lautnya dan eloknya panorama lepas pantai di kala dini dan senja hari. Hamparan laut lepas dan pasir putih memang menjadi daya tarik Maratua.

Warna kemerahan di ufuk barat membuat  horizon pesisir pulau begitu indah. Ditambah jernihnya air laut laksana hamparan kaca membuat pulau ini seperti surga yang jatuh ke bumi. Bagi para penyelam baik pemula maupun profesional, pulau ini merupakan tempat wajib untuk dikunjungi. Disini pengunjung atau penyelam bisa menyaksikan penyu – penyu yang tinggal dan bertelur di pulau ini. Wisatawan bahkan bisa memberi makan penyu – penyu itu di laut yang tidak begitu dalam dan berair jernih sambil berfoto ria tentunya.

obyek wisata kalimantan
Di dunia ini, tempat yang tercatat memiliki spesies Ubur-ubur tanpa sengat hanya di 2 tempat. Beruntung sekali Indonesia memiliki spesies Ubur-ubur ini. Hebatnya, jenis Ubur-ubur tanpa Sengat di pulau ini tak hanya 1 jenis, tapi ada 4 jenis. Wisatawan tak perlu takut sama sekali memegang jenis Ubur-ubur ini, bahkan dengan tangan telanjang. Inilah keunikan yang paling unik dari pulau Maratua yang sulit dicari tandingannya di dunia. Berfoto sambil memegang Ubur-ubur adalah sebuah momment yang tak bisa anda lakukan dibelahan dunia lain.

Untuk menuju Obyek Wisata kalimantan Pulau Maratua, diperlukan cukup lama. Dari Balikpapan, bisa naik pesawat hingga Tanjung Redeb, ibu kota kabupaten Berau. Dilanjutkan dengan menyewa speed boat ke Pulau Maratua, dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam. Jika ingin melalui Tanjung Batu, ibu kota Kecamatan Pulau Derawan, terlebih dulu melalui jalur darat yang dapat ditempuh 2 jam perjalanan dari Tanjung Redeb. Setelah itu menggunakan speed boat sekitar 30 menit lebih.

Pulau ini berbatasan dengan Malaysia dan Filipina. Maratua terdiri dari empat kampung, yaitu Kampung Tanjung Harapan Bohebukut, Teluk Alulu, Bohesilian dan Payung Payung. Suku yang bermukim di Maratua mayoritas suku Bajo, yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan.

sumber: http://travel-guide-x.info/obyek-wisata-kalimantan-pulau-maratua/

0 komentar:

Post a Comment

© Rarity's, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena