Your nightmare but dress like a daydream

Tuesday, January 21, 2014

5C Untuk Penilaian Resiko Kredit

5C Untuk Penilaian Resiko Kredit

1. Character

yaitu informasi kreditur terhadap calon debitur mengenai watak yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kejujuran dan integritas serta tekat baik yaitu kemauan untuk memenuhi kewajibannya sebagai debitur. Apabila debitur dinilai kredibilitasnya positif, maka tingkat terjadinya resiko tak tertagihnya hutang semakin kecil sehingga kreditur dalam memutuskan pemberian kredit semakin besar.
2. Capacity

atau kemampuan adalah kemampuan debitur dalam mengelola usahanya yang akan dibiayai dengan kredit. Apabila capacity yang dimiliki debitur tinggi, maka risiko hutang tak tertagih akan semakin kecil sehingga kreditur dalam memberikan keputusan kreditnya akan besar.

3. Capital

menggambarkan sejumlah dana (modal) yang dimiliki calon debitur. Tentunya hal ini tidak terlepas dari fungsi laporan keuangan sebagai pemberi. Apabila capital yang dimiliki debitur besar maka kemungkinan risiko hutang tak tertagih akan semakin kecil sehingga kreditur tidak segan – segan akan mengabulkan pemberian kredit.

4. Collateral

atau jaminan menggambarkan alat pengamanan apabila usaha yang dibiayai mengalami kegagalan atau karena sesuatu hal dimana debitur tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya. Semakin terjaminnya jaminan dari calon debitur maka risiko tak tertagihnya hutang menjadi rendah sehingga pihak kredit kemungkinan besar akan mengabulkan permintaan kreditnya.

5. Condition of Economic

menggambarkan situasi dan kondisi ekonomi, politik dan lain – lain yang mempengaruhi keadaan perekonomian yang kemungkinan akan mempengaruhi kelancaran kegiatann usaha debitur. Jadi semakin baiknya kondisi ekonomi suatu debitur maka risiko kemungkinan tak tertagihnya hutang akan kecil sehingga pihak kreditur kemungkinan besar akan mengabulkan permintaan kreditnya.

Sumber: http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=38&ved=0CGgQFjAHOB4&url=http%3A%2F%2Fejournal-s1.undip.ac.id%2Findex.php%2Fjiab%2Farticle%2Fdownload%2F847%2F822&ei=thNJUuyaMMS4rgeNpoDwAw&usg=AFQjCNFidepsZB2xaVAiMwJxJqCg2oFh8A&sig2=WqVnvSX8Y9TVnIrb7ifksg

1 komentar:

© Rarity's, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena