Your nightmare but dress like a daydream

Thursday, January 8, 2015

XXIV


 
            Banyak orang mengatakan bahwa masa-masa sekolah merupakan masa yang paling indah. Bahkan ada sepetik lirik lagu yang mengatakan “tiada masa paling indah, masa-masa disekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih disekolah”. Benar, potongan lirik lagu tersebut merupakan salah satu lagu yang dinyanyikan oleh alm. Chrisye. Lalu apa hubungannya dengan XXIV?.

            Bagi saya, masa-masa sekolah yang paling indah itu adalah masa SMA. Bukan kisah kasih di-SMA yang seperti lagu diatas, melainkan kegiatannya. Kegiatan apa?. Tiap sekolah pasti tidak hanya memiliki kegiatan belajar dan belajar saja, melainkan untuk mengembangkan minat siswa dalam bersekolah dibuatlah kegiatan ekstrakulikuler.
            Pada masa SMA, saya mengikuti ekstrakulikuler Paskibra. Disekolah SMA saya dulu, SMA Negeri 1 Jakarta, setiap penerimaan siswa baru rutin diadakan kegiatan yang dinamakan “Demo Ekskul”. Kesan pertama saya tertarik dengan Paskibra yaitu dari acara tersebut. Terlihat para senior Paskibra dengan ke-khas-annya yaitu kaku dan tegas dilapangan berbaris dan membentuk sebuah formasi yang membuat saya terpesona. Sejak saat itu, saya memilih Paskibra sebagai ekstrakulikuler di SMA. Saya merupakan Calon Angkatan 24 di Paskibra SMA Negeri 1 Jakarta. Jadi, XXIV itu merupakan angka 24 dalam huruf romawi.
Agar menjadi anggota resmi Paskibra, saya dan teman-teman calon anggota baru harus dilantik terlebih dahulu. Pada saat itu jumlah kami 19 orang. Pelantikan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur selama 3hari 2malam. Dan saat itulah pengalaman yang tak terlupakan terukir bagi kami.
Selama pelantikan, kami dilatih bagaimana menjadi disiplin, tegas, jujur, berani berbicara didepan umum, menghormati dan menghargai, mengemukakan pendapat, dan juga bagaimana caranya menjaga sebuah rantai agar tidak terlepas. Memang ketika saat pertama menginjak kaki di medan pelantikan, yang saya rasakan yaitu ketakutan. Karena begitu sampai di Cibubur, kami disambut oleh teriakan Senior yang menggunakan pengeras suara dengan nada marah seolah-olah harimau yang mengaung-ngaung meminta makanannya untuk segera dilempar kehadapannya. Namanya saja pelantikan, jadi semua calon anggota akan dibentuk kepribadiannya agar setelah dilantik menjadi seorang Paskibra yang sebenarnya.
Pelantikan membuat saya menemukan keluarga baru disekolah, keluarga baru saya yaitu Angkatan 24 Paskibra SMA Negeri 1 Jakarta. Setelah pelantikan, kami resmi menjadi angggota Paskibra.
Namun hari demi hari alam mulai menyeleksi kami. Angkatan 24 kini jumlahnya berkurang menjadi 17 orang. Susah senang kami lalui bersama bukan hanya dalam hal ekstrakulikuler melainkan kehidupan sosial kami. Kini kami benar-benar seperti keluarga.
Angkatan 24 merupakan Angkatan yang bisa dibilang sangat disayang oleh para Alumni Paskibra dan pihak sekolah. Dalam masa kejayaan kami di sekolah, kami telah mengikuti beberapa lomba Paskibra dan membala pulang Piala. Lomba pertama kami yaitu lomba pengibaran bendera dan variasi di SMA Negeri 90 Jakarta dan pada saat itu kami hanya mendapatkan peringkat ke-7 yang mana juara hanya sampai peringkat ke-6. Dari situ kami mulai terus berlatih lebih giat lagi sehingga pada saat lomba berikutnya di SMA Negeri 68 Jakarta kami mendapatkan juara Harapan. Walaupun hanya mendapatkan juara harapan, kami sangat menghargainya karena dalam Paskibra kami diajarkan untuk menghargai segala sesuatunya dari hasil jeripayah kita. Kami pun tidak hanya puas dengan itu, para alumni dan senior terus melatih kami untuk lomba berikutnya bisa meraih kemenangan lagi. Hingga lomba berikutnya, di SMA Negeri 14 Jakarta kami membawa pulang piala juara ke-2.
Tidak hanya lomba, Paskibra sekolah saya juga sering diundang untuk mengisi upacara di berbagai tempat pemerintahan seperti Kantor Kecamatan, Dinas Pertanian, dll bahkan sekolah saya menjadi pengibar tetap dalam acara peringatan tragedi Trisakti di Universitas Trisakti Jakarta. Sungguh saya sangat bangga telah menjadi salah satu anggota Paskibra SMA Negeri 1 Jakarta, terutama Angkatan XXIV.

0 komentar:

Post a Comment

© Rarity's, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena